Senin, 09 April 2012

TANYA JAWAB TENTANG GOODHEALTH COLOSTRUM


1.   APAKAH KOLOSTRUM ITU?
Kolostrum merupakan cairan yang mendahului keluarnya susu pada mamalia dan manusia. Cairan ini berwarna kuning keemasan dan hanya bisa dihasilkan sesaat setelah melahirkan sampai dengan beberapa hari sesudahnya. Semua kandungan nutrisi yang dibutuhkan bayi manusia dan mamalia ada didalam kolostrum.
2.   APAKAH KOLOSTRUM SAMA DENGAN SUSU?
Tidak, kolostrum tidak sama dengan susu. Sebab kolostrum keluar mendahului susu. Umumnya kolostrum dihasilkan sesaat setelah manusia atau mamalia melahirkan dan berangsur-angsur berubah menjadi susu pada hari keempat atau hari kelima.
3.   APAKAH KELEBIHAN KOLOSTRUM DIBANDINGKAN DENGAN SUSU?
Dua kandungan utama yang ada di dalam kolostrum adalah FAKTOR KEKEBALAN TUBUH dan FAKTOR PERTUMBUHAN. Selain itu kolostrum mengandung nutrisi makro dan mikro, enzim, dan lain-lain.
4.   APAKAH FAKTOR KEKEBALAN TUBUH ITU?
Faktor kekebalan tubuh dikenal juga sebagai Faktor Imunitas atau Immune Factor, merupakan senyawa rumit yang berperan sebagai sistem pertahanan tubuh terhadap serangan kuman maupun mikro-organisme lain (antibodi). Kolostrum memiliki kandungan antibodi berupa immunoglobulin atau disebut juga sebagai Ig. Ada 5 macam Ig yaitu IgA, IgD, IgE, IgG, dan IgM. Pada manusia, antibodi yang paling dominan adalah IgG (immunoglobulin G).
5.   APAKAH FAKTOR PERTUMBUHAN ITU?
Faktor Pertumbuhan atau Growth Factor merupakan senyawa rumit yang berperan dalam mengatur pertumbuhan serta perbaikan sel dan jaringan sel dalam tubuh. Setiap bagian tubuh memiliki Faktor Pertumbuhannya sendiri. Salah satu Faktor Pertumbuhan yang penting bagi manusia adalah:
IGF 1 & 2 (Insuline Like Growth Factor 1 & 2), merupakan senyawa yang mirip hormon insulin. Hormon Insulin berperan dalam proses pengaturan dan penggunaan karbohidrat, protein, serta lemak. Kekurangan insulin dapat menyebabkan diabetes atau kencing manis.
6.   APAKAH KOLOSTRUM SAPI AMAN DIKONSUMSI MANUSIA?
Kolostrum sapi, terutama jenis Bovine, sudah diteliti dan terbukti paling identik dengan kolostrum manusia. Apalagi sapi Bovine New Zealand tidak pernah diberikan suntikan hormon maupun antibiotik, sehingga kolostrum ini sangat aman dikonsumsi manusia.
7.   BERAPA BANYAKKAH TAKARAN KOLOSTRUM YANG DIANGGAP AMAN DIKONSUMSI MANUSIA?
Konsumsi kolostrum murni (tanpa campuran susu atau bahan lain) sebanyak 2 gram per kilogram berat badan masih dianggap aman. Jadi, seandainya ada seseorang dengan berat badan 50 kg, maka takaran yang masih dianggap aman adalah 2 gram x 50 kg berat badan = 100 gram/hari.
8.   APAKAH KOLOSTRUM BOLEH DIKONSUMSI MENGGUNAKAN SENDOK LOGAM?
Kolostrum tidak bereaksi terhadap peralatan dari bahan logam, jadi boleh saja menggunakan sendok logam.
9.   APAKAH BOLEH MENGONSUMSI KOLOSTRUM MENGGUNAKAN AIR PANAS?
Konsumsi kolostrum sebaiknya menggunakan air dingin atau suam kuku. Penggunaan air yang terlalu panas akan merusak kandungan nutrisi serta enzim didalamnya. Meskipun demikian, sesungguhnya kolostrum masih bisa bertahan sekitar 30 menit dalam air bersuhu 80 derajat Celcius sebelum akhirnya mengalami kerusakan.
10. KAPANKAH WAKTU TERBAIK MINUM KOLOSTRUM, SEBELUM MAKAN ATAU SESUDAH MAKAN?
Kolostrum sama baiknya dikonsumsi sebelum makan ataupun sesudah makan. Hal yang terpenting dalam mengonsumsi kolostrum adalah RUTIN, minumlah setiap hari agar mendapatkan hasil yang maksimal.

11. APAKAH KOLOSTRUM BISA MENIMBULKAN KETERGANTUNGAN?
Kolostrum tidak menimbulkan ketergantungan, karena kolostrum merupakan nutrisi maka ia akan membantu memperbaiki fungsi-fungsi  di dalam tubuh sehingga kita akan merasa lebih baik. Dengan demikian, jikalau kita menghentikan konsumsi kolostrum maka tubuh tidak mendapatkan nutrisi sebagaimana biasanya, sehingga kerja tubuh tidak sebaik biasanya dan yang dirasakan adalah suatu perbedaan yang sepertinya sebuah penurunan. Anda dijamin tidak akan mengalami ketagihan saat anda menghentikan konsumsi kolostrum.
12. APAKAH DENGAN MENGONSUMSI KOLOSTRUM SECARA JANGKA PANJANG AKAN MEMBUAT SISTEM IMUN MENJADI MALAS?
Seringkali orang berpikir, oleh karena kolostrum mengandung antibodi instan akan membuat tubuh menjadi malas meproduksi sistem imun. Ini anggapan yang keliru. Sistem imun bukan hanya IgG saja, masih banyak sel imun lainnya. Kerja sistem imun sangatlah rumit, IgG hanya salah satu bagian kecil dari sistem imun, masih ada Makrofagus, NK-cells, neutrofil, basofil, B cells, T cells, supressor T cells, dan banyak lagi. Jadi fungsi kolostrum bukan menggantikan sistem imun secara keseluruhan, ia hanya membantu salah satu fungsi dari sistem imun saja.
13. APAKAH KOLOSTRUM BOLEH DIKONSUMSI ORANG YANG ALERGI SUSU?
Alergi susu yang sering dimaksudkan adalah intoleransi laktosa. Laktosa merupakan jenis gula yang ada dalam kandungan susu. Intolransi artinya tubuh tidak bisa mencerna laktosa tersebut. Kolostrum murni (Pure 100% Colostrum) tidak mengandung laktosa, jadi bisa dikonsumsi penderita intoleransi laktosa. Kolostrum yang dicampur dengan susu bubuk tidak dianjurkan bagi penderita intoleransi laktosa.
14. DARI MANAKAH GOODHEALTH COLOSTRUM BERASAL?
Goodhealth Colostrum berasal dari kolostrum sapi jenis Bovine yang digembalakan di padang rumput terbaik dan bebas polusi di New Zealand (Selandia Baru). Sapi Bovine dari New Zealand terkenal bebas antibiotik dan bebas penyakit sapi gila maupun penyakit kuku dan mulut.
15. APAKAH PERBEDAAN KOLOSTRUM NEW ZEALAND DENGAN AMERIKA?
Peraturan pemerintah New Zealand menetapkan pemerahan kolostrum pada sapi hanya diijinkan setelah hari kedua. Hal ini untuk menjamin anak sapi mendapatkan kolostrum dengan nutrisi yang paling maksimal sehingga kualitas sapi di New Zealand tetap dapat dipertahankan. Inilah sebabnya mengapa sapi terbaik di dunia ada di New Zealand.
Sedangkan kolostrum yang berasal dari Amerika Serikat diperah pada hari pertama dengan alasan kolostrum terbaik ada pada hari pertama. Hal ini memiliki dampak pada menurunnya kualitas sapi akibat anak sapi yang tidak mendapat nutrisi terbaik. Juga, kebanyakan sapi di Amerika Serikat diternak dan diberi makan berupa pakan ternak. Sehingga Amerika Serikat merupakan salah satu negara yang  terjangkiti penyakit sapi gila maupun penyakit mulut dan kuku.
16. ADA BERAPA JENISKAH PRODUK GOODHEALTH COLOSTRUM?
Goodhealth Colostrum memiliki 4 jenis produk yaitu :
a. Goodhealth Colostrum Milk Powder 2.25% IgG kemasan botol 350 gram
b. Goodhealth Colostrum Milk Powder 2.25% IgG kemasan boks isi 10 sachet @ 12 gram
c. Goodhealth Colostrum Chewable 2.2% IgG, rasa Vanilla dan Strawbery isi 150 tablet
d. Goodhealth Pure 100% Colostrum 15-20% IgG, kemasan botol 100 gram

17. MENGAPA KANDUNGAN IMMUNOGLOBULIN G (IgG) PADA GOODHEALTH COLOSTRUM RATA-RATA SEBESAR 2%?
Kandungan IgG pada Goodhealth Colostrum adalah sekitar 2,25%. Kandungan ini mirip dengan kandungan IgG pada air susu ibu (ASI) yaitu sebesar 2%.
18. MENGAPAKAH KANDUNGAN IgG MENJADI ACUAN YANG PENTING?
Alasan penting mengapa orang membeli kolostrum adalah karena kandungan IgG, karena inilah manfaat terbesar dari kolostrum. Banyak perusahaan kompetitor yang menjual produk serupa tidak pernah secara jelas menjamin kadar IgG dalam produk mereka. Sehingga kondisi ini sangat meragukan, apakah produk mereka mengandung IgG atau tidak, dan bahkan lebih ekstrim lagi apakah produk mereka memang benar-benar mengandung kolostrum.

19. APAKAH GOODHEALTH COLOSTRUM MILK POWDER DIGARANSI MENGANDUNG IgG?
Pada label Goodhelath Colostrum Milk Powder tertera tulisan SUSU SKIM BUBUK, COLOSTRUM 2.25% IgG. Ini adalah garansi kandungan minimum yang diberikan oleh Goodhealth New Zealand. Artinya produk Goodhealth Colostrum Milk Powder memiliki kandungan minimal IgG sebesar 2,25%. Pada sertifikasi yang dilakukan oleh laboratorium independen Cawthorne di New Zealand, ditemukan kandungan IgG sebesar 3,27%. Hampir semua  produk kompetitor tidak dilengkapi sertifikat semacam ini karena negara Indonesia memang  belum memiliki alat untuk mengukur IgG.
20. BAGAIMANA SAYA YAKIN KALAU GOODHEALTH COLOSTRUM ADALAH YANG TERBAIK?
Produk Goodhealth Colostrum Milk Powder telah mendapatkan logo FERN MARK. Logo ini merupakan logo resmi dari kementerian New Zealand Trade and Enterprise, diberikan kepada perusahaan yang telah lolos uji dan seleksi yang sangat ketat. Diberikan hanya kepada perusahaan asli New Zealand, dan memiliki komitmen yang sangat kuat terhadap mutu bahan baku, proses yang terbaik, kinerja keuangan yang sehat, pemberdayaan dan pemeliharaan tenaga kerja yang prima, serta isu lingkungan yang berkait dengan manajemen penggunaan energi, serta pengelolaan limbah yang ramah lingkungan.
21. APAKAH GOODHEALTH COLOSTRUM BOLEH DIBERIKAN KEPADA PENDERITA GAGAL GINJAL?
Penderita gagal ginjal tidak boleh mengonsumsi protein dalam jumlah tinggi. Umumnya produk susu memiliki kandungan protein yang cukup tinggi. Sebaiknya tanyakan kepada dokter apakah penggunaan kolostrum diperbolehkan.
22. APAKAH PENDERITA HIPERTIROID BOLEH MENGONSUMSI KOLOSTRUM?
Hipertiroid merupakan gangguan dimana kelenjar tiroid memproduksi hormon tiroid secara berlebihan. Biasanya gejala yang menyertai adalah gangguan metabolisme, badan terasa lemas, rasa ingin tidur  berlebihan, sulit buang air besar, dan badan terasa lemas serta bergetar. Penderita hipertiroid umumnya memiliki sensitivitas pada pencernaan, sehingga dikuatirkan saat mengonsumsi kolostrum akan mengalami diare. Namun, apabila saat diberikan kolostrum tidak mengalami diare, penggunaan kolostrum boleh diteruskan.
23. APAKAH GOODHEALTH COLOSTRUM BOLEH DIKONSUMSI IBU HAMIL DAN MENYUSUI?
Ibu hamil dan menyusui disarankan mengonsumsi Goodhealth Colostrum Milk Powder 2.25% IgG, karena mengandung nutrisi makro dan mikro yang akan sangat bermanfaat bagi ibu dan bayi. Konsumsilah dalam jumlah yang moderat, sekitar 1 sachet atau 3 sendok makan setiap hari sudah cukup. Jika dikonsumsi secara teratur, akan menambah daya tahan tubuh ibu dan bayinya.
24. APAKAH GOODHEALTH COLOSTRUM BOLEH DICAMPUR DENGAN MINUMAN LAIN?
Goodhealth colostrum boleh dicampur dengan minuman apapun seperti juice, smoothies, sari buah, teh, ataupun cereal. Hindari pemakaian gula, gunakanlah madu sebagai pengganti gula. Juga, sebaiknya gunakanlah air dingin atau yang hangat suam kuku.
25. APAKAH GOODHEALTH COLOSTRUM BISA MENYEBABKAN SEMBELIT (SUSAH BUANG AIR)?
Tidak. Goodhealth Colostrum tidak menyebabkan sembelit, tetapi justru membantu pertumbuhan dan perkembangbiakan flora usus yang akan membuat pencernaan lebih sehat. Jikalau ada beberapa konsumen yang mengalami susah buang air besar, biasanya disebabkan oleh sensitivitas terhadap kandungan kalsium dalam susu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar