Senin, 23 April 2012




















 KEAJAIBAN COLOSTRUM
Colostrum merupakan cairan pra-susu yang dihasilkan oleh manusia dan mamalia sesaat sebelum melahirkan dan beberapa hari setelah melahirkan. Kaya dengan nutrisi, faktor kekebalan tubuh dan faktor pertumbuhan yang dibutuhkan oleh bayi yang baru dilahirkan.
Disebut sebagai “life’s first food”oleh karena fungsi pentingnya dalam menjaga kelangsungan hidup bayi setelah dilahirkan. Pada manusia, colostrum dibutuhkan untuk membuang kandungan toksik pada liver bayi setelah lahir. Jikalau toksik ini tidak dibuang maka bayi akan menjadi kuning dan meninggal.
Diantara semua colostrum, yang paling identikdengan colostrum manusia adalah Bovine Colostrum atau colostrum sapi. Sehingga bisa memberikan manfaat yang sama dengan colostrum manusia.

APA YANG MEMBUAT COLOSTRUM BEGITU PENTING?
Pada tahun 1962, Dr. Albert Sabin berhasil membuat vaksin polioyang berasal dari pemisahan antibodi pada Bovine Colostrum.
Bovine Colostrum adalah makanan.
FDA Amerika Serikat dan badan lainnya di dunia menggolongkan kolostrum sebagai foodbukan
Food supplement
Secara garis besar kandungan nutrisi penting colostrum dibagi menjadi tiga bagian hebat:
IMMUNE FACTOR -FAKTOR KEKEBALAN TUBUH
GROWTH FACTOR -FAKTOR PERTUMBUHAN
METABOLIC FACTOR -FAKTOR METABOLISME

FAKTOR IMUNITAS
Faktor yang berperanan dalam membangun sistem pertahanan tubuh dari serangan mikro-organisme berbahaya penyebab penyakit.
Immunoglobulin
Lactoferrin & Transferrin
PRP (Proline-Rich-Polypeptide)
Lysozyme & Cytokines
Lactalbumin
Glycoprotein

IMMUNOGLOBULIN
Immunoglobulins memiliki fungsi pertahanan yang sangat kuat dalam pengobatan maupun pencegahan terhadap infeksi virus, infeksi bakteri, alergi, jamur dan ragi.
Proses pembentukan Immunoglobulin di dalam tubuh biasanya disertai dengan demam, misalnya pada vaksinasi.
Ada 5 tipe immunoglobulins pada kolostrum, khususnya IgA, IgD, IgE, IgG, dan IgM.
IgG adalah molekul protein yang efektif memerangi infeksi bakteri dan virus (demam, flu, dsb.), parasit, dan ragi.
Imunoglobulins yang terdapat pada kolostrum juga berfungsi sebagai anti-peradangan
Immunoglobulin pada Bovine Colostrum bersifat instan, tidak menimbulkan demam ketika dikonsumsi.

•Lactoferrinmerupakan protein pengikat zat besi yang berfungsi membantu tubuh dalam penggunaan zat besi. Dengan kandungan antivirus, antibakteri, dan antiperadangan, lactoferrintelah diteliti untuk penanganan penyakit seperti kanker, HIV, herpes, kelelahan kronis, candidaalbicans(keputihan) dan infeksi lainnya.
•Transferrinadalah protein yang bersifat mengikat mineral lain, berfungsi untuk mencegah pertumbuhan bakteri aerob dalam saluran pencernaan. Seringkali transferrindan lactoferrinsalin berkolaborasi dalam membunuh bakteri berbahaya.

LACTOFERRIN & TRANSFERRIN
Lactoferrinmerupakan protein pengikat zat besi yang berfungsi membantu tubuh dalam penggunaan zat besi. Dengan kandungan antivirus, antibakteri, dan antiperadangan, lactoferrintelah diteliti untuk penanganan penyakit seperti kanker, HIV, herpes, kelelahan kronis, candidaalbicans(keputihan) dan infeksi lainnya.

Transferrinadalah protein yang bersifat mengikat mineral lain, berfungsi untuk mencegah pertumbuhan bakteri aerob dalam saluran pencernaan. Seringkali transferrindan lactoferrinsalin berkolaborasi dalam membunuh bakteri berbahaya.

PRP & CYTOKINES
Cytokinesberfungsimengaturintensitasdandurasidariresponskekebalantubuh, mengaturaktifitaslimpadanproduksisellimfosit-T.
Salahsatucytokinesyaituinterleukin-10merupakananti peradanganampuh& meredakannyeriarthritis.

PRP (Proline-Rich-Polypeptide) membantumengaturkelenjarthymus(pusatperintahtubuhuntuksistemkekebalantubuh). PRP dapatmenguatkansistemkekebalantubuhyang lemah, jugamenyeimbangkansistemkekebalantubuhyang terlampauaktifpadabanyakkasuspenyakitkekebalantubuh. PRP merupakansenyawaanti peradanganyang ampuh, danmerangsangtubuhuntukmemproduksicytokines.

LACTALBUMIN & LYSOZYMES
LACTALBUMIN

Penelitianmengindikasikanbahwalactalbuminssangatmungkinmelawanbeberapabentukkankerdanvirus secaraefektif. Lactalbuminsjugatelahdiketahuidalambeberapapenelitiandapatmeningkatkanaktivitasserotonin padaotak, mengurangikekentalankortisol(dikenalsebagaihormonpenyebabstress), danmemperbaikikondisimood saatstress.

LYSOZYMES
Berfungsimelindungitubuhdarimikro-organismeasingyang masukmelaluimata, mulut, hidung, ataupunluka. Cara kerjanyaadalahmelemahkandindingselbakterisehinggamudahpecaholehtekananosmosis dalamselitusendiri

GLYCOPROTEIN & GLYCO-CONJUGATES
GLYCOPROTEIN

Glycoproteinsmerupakanpenghambatenzymprotease dantrypsin. Melindungifaktorkekebalantubuhdanfaktorpertumbuhandalamkolostrumdarikerusakanolehcairanlambungmaupunusus.
GLYCO-CONJUGATES
Berfungsimelapisidindingataupermukaanususdanmencegahmenempelnyabakteripatogen. Selainitujugaberfungsiuntukperkembanganflora usus(bakteribaikyang adadidalamusus).

FAKTOR PERTUMBUHAN
IGF I & II (Insulin Like Growth Factor I & II)
TGF A & B (Transforming Growth Factor A & B)
EGF (Epithelial Growth Factor)
PDGF (Platelet Derived Growth Factor)
FGF (Fibroblast Growth Factor)FaktorPertumbuhandapatmenstimulasipertumbuhanyang normal, jugasangatmembanturegenerasidananti penuaandiniataupemulihanpadacederaotot, kolagenkulit, tulang, kartilago, danjaringansyaraf. Faktorpertumbuhanjugadapatmerangsangtubuhuntukmembakarlemak. FaktorPertumbuhanyang penting:

IGF I & II (Insulin Like Growth Factor I & II)
TGF A & B (Transforming Growth Factor A & B)
EGF (Epithelial Growth Factor)
PDGF (Platelet Derived Growth Factor)
FGF (Fibroblast Growth Factor)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar